Cara Memilih Topik Skripsi Yang Tidak Mungkin Ditolak

Langkah penting dalam menyusun skripsi terbaik adalah Anda harus menentukan topik terlebih dahulu. Topik inilah yang akan dijabarkan dalam skripsi secara keseluruhan.

Apabila Anda telah menemukan sebuah topik berarti Anda telah menyelesaikan sebagian dari penyusunan skripsi terbaik Anda. Mengapa? Karena topik akan menentukan langkah berikutnya misalnya bagaimana mendekati (penggunaan metode apa yang seuai) untuk topik tersebut dan bagaimana menganalisanya.

Skripsi

Nah, sekarang bagaimana memilih topik skripsi?

Banyak cara memilih topik skripsi terbaik Anda. Pertama, Anda bisa membaca literatur-literatur terdahulu dalam disiplin ilmu Anda. Literatur disini terutama adalah buku-buku teks klasik maupun buku yang membahas tema tertentu yang up to date.

Kedua, dengan membaca artikel ilmiah (artikel jurnal nasional maupun internasional). Coba Anda lihat dan baca bagian penutup artikel tersebut yang biasanya terdapat agenda penelitian ke depan di dalamnya. Jadi Anda menentukan topik berdasarkan karya ilmiah terdahulu dari peneliti sebelum Anda.

Ketiga adalah dengan berdiskusi dengan kolega, teman sejawat atau dosen Anda. Dari diskusi-diskusi sederhana baik di dalam maupun di luar kelas biasanya muncul topik-topik yang menarik. Tanya pendapat mereka tentang apa saja yang berkait dengan disiplin ilmu Anda.

Keempat adalah topik yang diperoleh dari pengamatan Anda tentang lingkungan di sekitar Anda. Apakah itu berkait dengan masalah riil yang sedang dihadapi oleh masyarakat, pemerintah, kalangan bisnis, remaja, mahasiswa, penduduk di wilayah tertentu hingga persoalan lingkungan hidup.

Kelima adalah dengan membiarkan imajinasi Anda melanglang buana tentang suatu hal dan Anda menuliskannya. Ya, imajinasi! Tanpa sebuah imajinasi tentang sesuatu maka tidak akan tercipta sebuah karya besar.

Anda mungkin berimajinasi tentang sesuatu yang tidak masuk akal atau yang tidak lazim dalam disiplin ilmu Anda. Tetapi dengan keyakinan Anda bahwa imajinasi itu merupakan hal yang baru dan orisinil tentu sangat berpotensi menjadi topik yang menarik. Sudah barang tentu keyakinan Anda itu harus dibangun dari kajian-kajian Anda secara intensif terhadap studi-studi yang telah ada.

Akhirnya, pilih atau tentukan topik skripsi yang Anda suka, yang paling menarik bagi Anda. Dengan demikian semangat untuk membongkar potensi intelektual akan muncul dengan sendirinya dalam diri Anda!